Software Aplikasi Kitab Digital ilmu Keislaman

,
Dengan hadirnya berbagai software kitab digital seperti Maktabah Syamilah dan Marji’ Akbar, kini semuanya menjadi lebih mudah dan sederhana, apakah dari segi pengeluaran biaya untuk memiliki tulisan-tulisan keislaman tersebut ataupun dari segi ruang yang di butuhkan untuk penyimpanan sumber tulisan-tulisan tersebut. 
Dahulu untuk memiliki tulisan-tulisan ulama tersebut, kita harus mengeluarkan biaya berjuta-juta bahkan berpuluh-puluh juta, juga ruang yang begitu besar. Dengan hadirnya software-software tersebut, semuanya menjadi mudah dan terjangkau. Dengan sebuah komputer ber prosessorkan intel pentium III dan RAM 512 MB pun, software-software tersebut sudah bisa anda jalankan. Bisa anda bayangkan kemudahan dan keterjangkauan yang ditawarkan kitab digital ini. Bayangkan, beribu-ribu judul kitab karangan ulama tersebut kini bisa anda dapatkan hanya dalam sekeping DVD.
 
Ini adalah kabar gembira bagi saya ketika baru pertama kali mengetahuinya dan merupakan anugerah yang tak ternilai ketika saya mendapatkannya. Software-software tersebut adalah :

1.       Al Marji’ al Akbar
Merupakan software jadi yang dijual penerbitnya al ‘Aris seharga 300 riyal. Terdiri dari 1200 judul kitab yang terbagi dalam 21 kategori seperti tafsir al Qur an, hadits dan syarahnya, fiqih dalam berbagai madzhab, dll.. Memiliki kecepatan pencarian ibarat beberapa kali lebih cepat dibanding software kitab lainnya dan manual yang berformat video sebagai panduan. Terdiri dari 1 keping DVD saja, versi 2.0. Bisa anda download di  www.digital-future.ca





2.       Al Maktabat asy Syamilah
Merupakan software opensource yang bisa kita modifikasi sesuai keinginan kita jika kita hendak menambahkan berbagai konten lain atau komentar kita. Hingga kini kitab di dalamnya masih terus ditambahkan hingga berpuluh-puluh ribu judul. Versi terakhir yang saya punya adalah versi 3.66. dalam 1 keping DVD yang membutuhkan ruang 20 GB pada harddisk dan mungkin masih terus bertambah. Disayangkan dari software ini adalah sifatnya yang opensource sehingga terkadang ada pihak tertentu yang kadang memodifikasinya tanpa kita ketahui lalu mereka sebarkan. Bisa anda download di www.almeshkat.net




3.       Al Jami’ al Kabir
Merupakan software yang hampir mirip dengan Maktabah Syamilah dan creatornya mengklaim bahwa Jami’ Kabir ini bahkan lebih lengkap dari Maktabah Syamilah. File nya saja sebesar 11 GB dalam kondisi belum terinstall yang membutuhkan ruang 40 GB apabila anda berniat menginstallkannya pada komputer anda. Dan yang ada pada saya terdiri dari 3 keping DVD. Jika berniat untuk mengunduhnya maka filenya terbagi pada 121 atau 17 bagian untuk mempermudah pengunduhan. Jika ingin mencoba mengunduhnya, kunjungi halaman ini.



4.       Al Jawami’ al Kalim
Merupakan software yang khusus menampilkan kitab-kitab hadits dan sedikit kitab di luar kitab hadits serta semua hal yang berhubungan dengannya. Pada saya terdapat pada 1 keping DVD. Bisa anda download disini yang berukuran 1.4 GB. Download di sini .




5.       Al Mo’jam
Saya dapat dalam 1 keping DVD. Merupakan software kitab digital dari Iran.Berjalan hanya pada windows Xp, dan saya kesulitan menjalankannya pada windows 7.
.



6.       Al Kutub at Tis’ah
Sebuah software 9 kitab hadits berikut fitur-fitur lainnya yang cukup lengkap untuk menjadi rujukan. Yaitu Shahih al Bukhari dan Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan an Nasa i, Sunan at Tirmizdi, Sunan Ibnu Majah, Sunan ad Darimi, musnad imam Ahmad dan al Muwatha Imam Malik rah. Diterbitkan al Harf dan bisa anda download pada www.almeshkat.net. Tersedia pada saya berupa 1 keping CD. Disayangkan bahwa pada versi yang saya miliki terdapat beberapa bug sehingga sering dirasakan tidak stabil dan tidak nyaman. Dibalik itu, software ini amat mumpuni dan memuat semua fasilitas untuk memudahkan kita memahami sebuah hadits.



Saya sendiri hanya menggunakan al Marji’ al Akbar dan al kutub at tis'ah dalam melakukan rujukan, karena bukan hanya cukup lengkap, pencarian dan kelengkapan naskahnya pun bisa diandalkan. Bagi anda yang kesulitan mengunduhnya, bisa memesan melalui saya seharga Rp.20rb perkeping dan belum termasuk ongkos kirim. Biaya itu hanya untuk mengganti pembelian DVD blank, burning pada optical drivenya serta tempat penyimpanannya. Harga bisa disesuaikan jika anda merasa keberatan dengan harga diatas dan melakukan negosiasi hingga tercapai kesepakatan bersama. Format paket adalah hanya keping DVD dan wadah yang disesuaikan.

Jika anda berjarak dekat dengan saya, bisa langsung bertemu dengan saya untuk menginstallkannya di komputer anda.

Agus Muslim
CP 085294449128
Bandung